Pada artikel kali ini akan dibahas Cara Menulis Artikel SEO Friendly untuk Meraih Peringkat Google, sehingga web akan banyak memperoleh pengunjung.
Sekarang, hanya dengan menulis konten yang layak saja tidaklah lagi cukup. Anda harus mempelajari Search Engine Optimization (SEO) yang dapat menghasilkan artikel SEO friendly.
Artikel SEO friendly adalah artikel yang ditulis sesuai dengan strategi Search Engine Optimization (SEO) sehingga mesin pencari dapat dengan mudah memahami isi artikel.
Google dan mesin pencari lainnya akan menawarkan artikel yang ramah SEO kepada pengunjung berdasarkan kata kunci yang relevan.
Metode Membuat Artikel SEO-Friendly untuk Situs Web
Menulis artikel yang SEO friendly dapat membantu Anda meningkatkan visibilitas blog Anda dan membantu mempromosikan produk Anda.
Jika Anda memiliki situs toko online? Tahapan yang harus menjadi pertimbangan adalah bagaimana cara mendapatkan calon pembeli untuk mengunjungi website Anda dan menyelesaikan transaksi.
Anda tidak hanya cukup menambahkan foto dan deskripsi barang Anda untuk meningkatkan pemasaran produk dari toko online Anda yang sudah ada. Tapi Anda juga harus meningkatkan promosi produk Anda dengan memanfaatkan taktik SEO.
Taktik pemasaran SEO dapat digunakan untuk mengarahkan lalu lintas dan akhirnya penjualan produk tercapai.
Cara Menulis Artikel SEO Friendly
1. Pahami Yang Diinginkan Pasar untuk Menulis Artikel yang SEO-Friendly
Sebelum mengembangkan artikel yang ramah SEO, teliti tren saat ini. Sangat penting untuk memilih topik yang banyak dibahas. Langkah pertama dalam menghasilkan artikel yang SEO friendly adalah membiasakan diri dengan konten yang sedang ramai diperbincangkan banyak orang.
Ini mungkin akan menambah nilai konten Anda. Nantinya, postingan Anda berpeluang besar muncul di halaman teratas hasil pencarian Google.
2. Pilih Kata Kunci yang Benar dan Tepat
Langkah pertama untuk memastikan bahwa artikel Anda mengikuti kriteria SEO adalah dengan menggunakan kata kunci yang benar, yaitu dengan volume pencarian tinggi, persaingan rendah, dan relevan dengan topik situs Anda.
Kata kunci dengan volume pencarian yang signifikan menunjukkan bahwa kata kunci tersebut banyak dicari oleh audiens. Jika Anda menggunakannya akan berpotensi menarik banyak pembaca.
Kata kunci dengan persaingan yang lebih sedikit akan memudahkan untuk mencapai peringkat tinggi di Google. Mungkin karena tidak banyak orang yang menulisnya, atau karena saingannya bukan blog yang besar.
Memilih kata kunci yang terkait dengan topik blog atau web Anda akan membantu materi Anda tetap relevan.
Anda dapat memulai dengan melakukan riset kata kunci untuk menemukan kata kunci terbaik. Ubersuggest, KWFinder, dan Google Trends adalah beberapa alat SEO untuk penelitian kata kunci gratis.
3. Ambil Pendekatan Unik Pada Artikel Tapi Tetap SEO-Friendly
Kata kunci dapat digunakan untuk menghasilkan artikel dari berbagai perspektif. Metode ini bermanfaat untuk meningkatkan visibilitas artikel Anda. Tentu saja, dengan memastikan bahwa itu sesuai dengan tujuan pengguna.
Asumsikan Anda ingin mencari kata "cara membuat cewekmu cantik." Jika pesaing Anda memberikan kata "cewekmu cantik bak madona", Anda dapat menulis tentang "Cara Membuat cewek kamu cantik dari mantan lamau".
Pasti Pembaca akan tertarik dengan kata-kata tersebut. Belum lagi, sudut pandang yang berbeda memastikan bahwa karya Anda asli, tentu saja ini akan disukai oleh algoritma Google. Ada hal baru yang bisa ditunjukkan pada pembaca.
4. Buat Judul yang Menarik dan SEO Friendly
Saat Memproduksi Konten yang Ramah SEO, menulis konten yang ramah SEO harus dimulai dengan judul yang menarik. Buatlah judul yang berhubungan dengan isi artikel.
Orang biasanya akan terus membaca artikel setelah melihat judulnya, jadi buatlah itu menjadi menarik. Artinya, Anda harus menyajikan judul yang memberikan keuntungan atau solusi, sekaligus singkat dan mampu melibatkan emosi pembaca.
5. Perhatikan Dengan Baik Struktur Artikel Anda
Membuat konten yang ramah atau SEO Friendly harus terhubung ke struktur artikel yang Anda buat.
Setiap artikel harus mencakup, pengenalan ketika Anda memperkenalkan topik kepada pembaca, bagaimana Anda mengungkapkan substansi materi, bagaimana Anda menjelaskan inti dari informasi dan bagaimana Anda menulis kesimpulan.
6. Tambahkan Elemen Visual Grafis yang Menarik
Saat memproduksi konten yang ramah SEO, gunakan komponen visual grafis. Gambar sangat penting untuk SEO selain kata-kata, menurut Semrush. Fitur grafis ini dapat meningkatkan keterbacaan tulisan Anda.
Anda juga dapat membuat infografis, checklist, template, dan dokumen lainnya. Semua ini dapat membantu audiens Anda memahami pesan Anda dengan lebih mudah.
7. Gunakan Kalimat Pembuka yang Menarik
Baris awal kalimat yang menarik dapat membantu Anda membangkitkan minat pembaca (lihat beberapa referensi artikel). Ternyata baris awal sama pentingnya dengan judul dalam menarik perhatian pembaca.
Buatlah baris pertama semenarik mungkin sehingga ketika pembaca mulai membaca judul dan paragraf pertama, mereka akan semakin penasaran dan akhirnya akan membaca sampai selesai.
8. Kecilkan Ukuran Gambar atau Kurangi Jumlah Gambar
Gambar yang terlalu besar dapat menyebabkan situs Anda dimuat dengan lambat karena kecepatan situs web Anda akan berdampak pada SEO.
Selain itu, masyarakat tentu lebih nyaman mengunjungi situs dengan cepat. Coba perkecil ukuran gambar Anda atau Anda bisa mengurangi jumlah gambar yang ada.
9. Paragraf secukupnya saat menulis artikel yang SEO-Friendly
Paragraf panjang tidak disarankan saat membuat artikel yang ramah SEO. Usahakan untuk tidak menggunakan lebih dari 5 baris dalam satu paragraf.
Pembaca cenderung kehilangan minat ketika ada terlalu banyak kalimat dalam satu paragraf, jadi tetaplah sederhana, dengan tidak lebih dari 150 kata dalam satu paragraf.
Ini juga penting untuk membuat postingan Anda menjadi SEO friendly.
10. Usahakan URL yang dapat dibaca pengunjung
Saat memproduksi konten yang ramah SEO, gunakan URL yang dapat dibaca. Selain mudah dipahami, pengunjung akan melihat URL sebagai bahan informasi pencarian mereka.
11. Perhatikan panjang artikel
Menulis konten yang ramah SEO tidak boleh terlalu panjang atau terlalu pendek. Artikel panjang dapat ditulis jika berdasarkan permintaan dan informasi yang ingin Anda sampaikan sejelas-jelasnya.
Sebenarnya, panjang normal artikel tidak diketahui, tetapi secara umum panjangnya 500 hingga 1000 kata dan berisi informasi yang mudah dipahami pembaca.
Jadi, apakah Anda siap untuk membuat artikel yang SEO friendly? Anda dapat mempelajari ide-ide dasar SEO, memahami kata kunci, mengembangkan struktur konten, dan mengoptimalkan konten untuk SEO.
Tags:
Digital Marketing