SEO Tools Free Untuk Meningkatkan Traffic Website

SEO Tools Free ini akan membantu Anda menemukan keyword yang ideal untuk meningkatkan lalu lintas situs website Anda di mesin pencari.
SEO Tools Free

Search Engine Optimization (
SEO) adalah tools free (gratis) untuk meningkatkan traffic website agar dapat muncul di peringkat atas hasil pencarian. 

Tapi untuk mendapatkan hal tersebut di butuhkan tools SEO, tools ini bisa menggunakan yang berbayar maupun yang dapat diperoleh secara gratis alias free no paid.

SEO Tools Free ini akan membantu Anda menemukan keyword yang ideal untuk meningkatkan traffic situs website Anda di mesin pencari.

Google Keyword Planner adalah salah satu SEO tool free yang disediakan oleh Google untuk membantu meningkatkan traffic website. 

Tapi masih banyak Tools Free dari pihak ketiga yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan traffic website. 

Daftar SEO Tools Free Terbaik yang bisa Anda gunakan :

  • Ubbersuggest
  • Keywordtool.io. 
  • SEMrush 
  • Soovle
  • KW Finder
  • WordStream. dan masih banyak yang lainnya
Tapi bukan hanya tools SEO saja yang Anda butuhkan untuk meningkatkan traffic website. Selain keyword, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan traffic website.

Dan Anda bisa terus membaca artikel ini, untuk memahami hal-hal tersebut.

Cara Mencari kata kunci dengan SEO Tools Free

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan mencari kata kunci adalah popularitas kata, traffic pencarian, dan tujuan. Setiap kata kunci memiliki jumlah daya saing yang berbeda, oleh karena itu Anda harus memahami tingkat persaingannya.

Setiap tindakan komersial, termasuk menetapkan SEO suatu konten, perlu dipelajari. Studi mendalam adalah salah satu metode untuk menemukan kata kunci yang paling relevan. 

Dan mencari kata kunci yang relevan tidak harus menggunakan alat tools berbayar. Menggunakan SEO Tools Free, Anda pun sudah bisa untuk mencari kata kunci. 

Hanya saja, ketika Anda menggunakan Tools SEO berbayar. Anda akan mendapatkan hal lebih dari tools tersebut.

Perencana keyword dengan SEO Tools Free, seperti alat penelitian kata kunci Google lainnya, dapat membantu Anda menemukan kata kunci yang ideal dengan menggunakan data akurat dari Google. 

Perbedaannya adalah, sebagai salah satu layanan yang disediakan oleh Google Ads, alat ini juga dapat memberikan kata kunci untuk publisher iklan.

Teknik SEO untuk Optimasi Konten

Search Engine Optimization (SEO) adalah upaya optimasi konten untuk meningkatkan peringkat website dalam hasil pencarian. 

Menggunakan konten berkualitas, merupakan aspek kunci dalam kegiatan pemasaran dan menjalankan strategi pemasaran digital, adalah salah satu tindakan pengoptimalan tersebut.
 
Konten marketing merupakan salah satu jenis konten yang digunakan untuk mendongkrak popularitas suatu produk atau merek tertentu di dunia maya.

Optimasi SEO dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk melalui konten situs web. Berikut adalah beberapa metode untuk mengoptimalkan konten Anda agar lebih SEO friendly.

Lakukan Riset Keyword yang Tepat

Penelitian kata kunci (Riset Keyword) adalah jenis penelitian yang dapat dilakukan sebagai bagian dari rencana SEO atau optimasi mesin pencari. 

Kajian ini pada hakekatnya merupakan kegiatan untuk mengungkap keyword yang sering di input oleh pengguna di mesin pencari, yang tentunya relevan dengan isi artikel/halaman situs.

Pentingnya penelitian keyword, Pertama-tama kita harus melakukan penelitian keyword sebelum memutuskan keyword mana yang akan digunakan. Untuk mengetahui istilah apa yang ingin atau diketik pencari informasi di browser.

Pemilik website tidak hanya melakukan penelitian keyword yang akan digunakan, tetapi juga mesin pencari seperti Google. Google akan membaca teks serta memindai kata kunci di dalamnya. 

Google akan memindai semua keyword yang terkandung dalam sebuah artikel dan mulai memberi peringkat  website berdasarkan keyword yang dikandungnya. 

Ini adalah titik di mana mesin pencari Google mulai menilai artikel yang memiliki SEO terbaik dan menempatkan pada halaman browser.

Tambahkan Internal Link dalam Konten

Tautan internal (internal link) adalah komponen penting dari konten. Pelajari cara mengembangkan tautan internal untuk meningkatkan SEO website Anda.

Karena menerapkan tautan internal ke salah satu konten Anda akan mengarahkan mesin untuk menganggap halaman itu sebagai halaman utama.

Internal link diklasifikasikan ke dalam berbagai macam link. Internal link dalam konten dapat ditautkan di beranda, menu, umpan posting, dan sebagainya.

Masukkan Link Eksternal yang Terpercaya

Link Eksternal (Tautan eksternal) adalah tautan yang disisipkan di halaman situs web yang sumbernya berbeda dari domain halaman. Link Eksternal tidak hanya mencakup koneksi yang Anda buat ke halaman web selain milik Anda sendiri, tetapi juga tautan yang disematkan situs lain ke halaman Anda sendiri.

Hubungan  link eksternal dan link internal, keduanya memainkan peran penting dalam meningkatkan SEO website. Tapi gunakan tautan eksternal dari situs web terkemuka untuk meningkatkan reputasi website Anda. Jadi buat tautan eksternal yang mengarah ke sumber terpercaya.


Tambahkan Domain ke Google Search Console

Google Search Console adalah alat gratis yang disediakan oleh Google yang memungkinkan Anda memantau, memelihara, dan memecahkan masalah visibilitas situs web Anda di hasil Google Penelusuran.

Fitur ini juga memungkinkan Anda untuk dengan cepat menentukan apakah situs web Anda mengalami masalah atau tidak. 

Ada beberapa keuntungan menggunakan Google Search Console. Berdasarkan penelitian Google Search Console, Anda dapat membuat perubahan pada situs web Anda jika Google Search Console menemukan masalah pada halaman website Anda.


Tulis Judul yang Menarik

Hal pertama yang harus diingat saat membuat judul konten adalah menyesuaikannya dengan materi artikel itu sendiri. 

Judul harus ditulis dengan huruf kapital di awal setiap kata, terutama huruf di kata pertama. Aturan ini berlaku untuk hampir semua kata benda, termasuk nama, lokasi, kata sifat, dan kata keterangan.

Cara Menulis Judul yang Baik : 

  • Judul harus konsisten dengan topik yang dibahas atau sudut pandang yang diungkapkan.
  • Judul harus singkat (tiga sampai lima kata), ringkas (bermakna), dan jelas. Karena orang lain akan tertarik dan terinspirasi untuk membaca bagian lengkapnya.
  • Menggunakan frasa dan idiom umum.
  • Relevant.

Jangan Lupakan Bing dan Yandex

Ada beberapa mesin pencari yang tersedia, antara lain Bing, Yahoo, Yandex, Baidu, Infoseek, Altavista, dan lain-lain. Terlepas dari kenyataan bahwa Google saat ini adalah mesin pencari yang paling menonjol, Anda juga harus mengirimkan situs Anda ke mesin pencari lain seperti Bing dan Yandex.

Bing terus menyumbang 26,5% dari semua pencarian desktop di Amerika Serikat dan populer di kalangan profesional yang menggunakan produk Microsoft. 
Sementara itu, Yandex adalah mesin pencari paling populer di Rusia, jadi periksa apakah situs web Anda ditujukan untuk audiens global.

Buka alat Webmaster Bing untuk menambahkan situs web ke Bing. Masuk atau daftar akun baru. Kemudian, putuskan apakah akan mengimpor situs Anda saat ini dari Google Search Console atau memasukkan domain secara manual.

Selalu Gunakan SSL

SSL adalah teknologi yang digunakan untuk menyediakan koneksi yang lebih aman antara situs web dan browser. Protokol keamanan digital mengurangi jumlah informasi yang dikirimkan antara situs web dan browser.

SSL sudah digunakan oleh banyak website. Karena Anda dan klien Anda akan selalu bertukar informasi sensitif seperti informasi pribadi, nomor rekening, dan sebagainya.

SSL menawarkan enkripsi data melalui HTTPS, yang melindungi data pengunjung website Anda sekaligus memastikan integritas data, yang memastikan bahwa data atau website Anda tidak dapat diperbarui atau diubah. Sehingga hacker dan pencuri identitas tidak dapat mengakses informasi tersebut.

Secure Socket Layer (SSL), adalah protokol keamanan yang digunakan oleh sebagian besar transaksi internet yang aman. Ini digunakan untuk membuat koneksi aman antara server web dan klien, serta antara server email dan klien email.

Jika Anda tidak menggunakan SSL/TLS, situs web Anda akan diberi label 'Tidak Aman' atau tidak aman. Selain itu, browser utama seperti Chrome dan Firefox sekarang memungkinkan pengguna untuk mengakses situs web yang menggunakan HTTP atau tidak memiliki sertifikat SSL.

Tulis Artikel yang Lengkap

Hampir setiap orang saat ini mampu menulis. Mereka sangat terampil menulis kata-kata di media sosial mereka, dan mereka mungkin melakukan hal tersebut tanpa mereka sadari.

Namun, untuk kompeten dalam menulis tidak hanya memiliki sistem penulisan yang baik saja. Karena struktur setiap jenis artikel bisa berbeda. 

Namun, struktur artikel sering kali berkaitan dengan tiga bagian mendasar, seperti pengantar subjek, argumen, dan penegasan kembali pada isi artikel.

Artikel yang berkualitas memiliki ciri-ciri artikel yang baik dan benar, yaitu judul yang menarik dan tidak membingungkan, mudah diingat, materi yang sesuai dengan judul, dan keramahan mesin pencari. 

Semakin tinggi kualitas konten, maka akan semakin banyak pengunjung ke situs website, dan semakin mudah untuk menemukan artikel oleh mesin pencari Google.

Cara Menulis Artikel yang Efektif

  1. Menentukan Ide
  2. Buat tema
  3. Membuat Garis Besar Artikel
  4. Mencari Referensi yang Kredibel 
  5. Menyisipkan Ilustrasi/Gambar 
  6. Termasuk Tabel/Grafik
  7. Buatlah judul yang menarik dan mudah dipahami

Optimalkan Kecepatan Situs

Poin penting Khususnya dalam konteks bisnis online adalah waktu buka halaman web dan kecepatan halaman atau kecepatan situs. 

Karena kecepatan situs atau kecepatan halaman situs website mempengaruhi tingkat konversi, konsep dasarnya adalah semakin cepat semakin baik. 

Sangat penting untuk mempercepat pemuatan halaman. Khususnya dalam konteks bisnis online.

Kecepatan situs web merupakan aspek penting yang mempengaruhi lalu lintas pengguna ke sana. Ketika situs web sederhana dan cepat dinavigasi, secara alami membantu pengunjung merasa nyaman dan mendorong mereka untuk menghabiskan lebih banyak waktu di situs. 

Elemen kecepatan situs web juga sangat penting dalam meningkatkan peringkat SEO website. 

Oleh karenanya, Anda harus menguji kecepatan situs web Anda. Ada faktor yang mempengaruhi kecepatan akses situs web, antara lain :
  • Situs web yang menggunakan layanan hosting server.
  • Koneksi internet digunakan.
  • File gambar atau multimedia digunakan.
  • Penggunaan plugin atau addons tambahan yang "Over" dan tidak sesuai dengan spesifikasi hosting (CPU & RAM).
  • Asal usul tema situs web.
  • dan masih banyak lainnya lagi.

Submit Sitemap XML ke Google Search Console

Sitemap (Peta situs) adalah file XML atau HTML yang berisi semua URL blog Anda. Sementara Sitemap HTML membantu pembaca dalam menavigasi blog Anda, dan Sitemap XML membantu perayapan di mesin pencari.

Saat Anda mengunggah sitemap XML ke Google Search Console, ini membantu perayap mesin telusur dalam menemukan dan membuat katalog semua URL di situs web Anda. 

Ukuran peta situs Anda, jumlah URL di peta situs Anda, prioritas pengindeksan halaman blog Anda, frekuensi perubahan, dan faktor lainnya. Semuanya mempengaruhi tingkat perayapan blog Anda. 

Pastikan Google dapat menemukan semua halaman situs Anda dengan mengirimkan sitemap XML Anda melalui Google Search Console

Masukkan Focus Keyword di Seluruh Bagian Konten

Frasa Kunci Fokus (Focus Keyword) adalah kata kunci yang Anda inginkan agar artikel atau halaman Anda dapat ditemukan di mesin pencari. 

Untuk mengoptimalkan konten Anda, Anda dapat menambahkan Focus Keyword dan sertakan Focus Keyword di semua bagian konten.

6 Lokasi Terbaik Untuk Kata Kunci (Keywords) Pada Artikel Website

  1. Judul meta dan konten/judul artikel
  2. Struktur URL
  3. Deskripsi meta
  4. Judul gambar atau nama file.
  5. Tautan masuk
  6. Isi
Secara umum, empat faktor penting yang harus diperhatikan saat melakukan penelitian Keywords : Volume pencarian, kesulitan kata kunci, rekomendasi kata kunci, dan SERP.

Targetkan Long Tail Keyword

Long tail keyword adalah keyword yang khusus atau lebih spesifik dan volumenya rendah, sehingga dapat menurunkan persaingan. 

Banyak orang mengira bahwa Long tail keyword harus terdiri dari tiga kata atau lebih (panjang). Padahal sama sekali tidak demikian, malah sebaliknya.

Apa kelebihan dari Long tail keyword? Anda mungkin bisa saja mendapatkan banyak lalu lintas dengan menggunakan Long tail keyword jika memiliki persaingan yang rendah. 

Ini karena Anda menargetkan banyak kata kunci secara bersamaan dalam satu topik.

Pilih Penyedia Hosting Tepercaya

Mengapa harus memcari penyedian hosting yang dapat dipercaya? Karena dipastikan untuk dapat menunjang kinerja website Anda. Hosting terpercaya pasti selalu menjaga kualitas layananannya.

Penyedia hosting berkualitas tinggi bisa untuk meningkatkan kinerja situs web?
Karena perusahaan layanan hosting terpercaya secara teratur membuat cadangan server mereka. 

Server sering offline karena kualitas hosting yang buruk. Anda mungkin kehilangan pengunjung jika situs web Anda terus-menerus down dan tidak tersedia. 

So, memilih penyedia hosting terpercaya dan berkualitas tinggi sangatlah penting untuk meningkatkan traffic website.

Salah satu keuntungan memiliki hosting yang bagus dan terpercaya adalah Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan. 

Karena hosting yang terpercaya akan memberi berbagai perlindungan keamanan, seperti menghadang peretas dan virus. Selanjutnya, layanan hosting premium menyediakan pemulihan dan pencadangan data.

Tips dan saran Memilih Hosting :

  1. Sesuaikan spesifikasi hosting agar sesuai dengan situs web yang Anda buat. 
  2. Pertimbangkan fungsi SSH dan Memcached. Apakah situs web Anda perlu memiliki fitur-fitur ini?
  3. Pertimbangkan sumber daya yang tersedia di Hosting, seperti CPU, RAM, Ruang Disk SSD, dan sebagainya.
  4. Keamanan juga penting! Pilih penyedia hosting yang menawarkan keamanan dan dukungan yang memadai. Pastikan memiliki antivirus, anti-malware, dan dan adanya backup dari penyedia hosting. Jika memungkinkan, pilih layanan hosting yang mendukung CloudFlare, Imunify360, Railgun, dan layanan serupa lainnya.
  5. Terakhir, selalu pilih Hosting dengan rincian yang jelas. Jangan Anda sampai dimanfaatkan oleh penyedia layanan domain dan hosting. Periksa spesifikasi hosting yang ingin Anda beli.

Gunakan LSI Keyword

LSI Keyword (Latent Semantic Indexing) adalah keyword atau kata kunci yang terkait dengan keyword utama. Penggunaan LSI berguna untuk menginformasikan pengunjung website tentang apa yang mereka baca di halaman tertentu.

Apa sebenarnya pengaruh LSI dalam SEO?
Hasil Penggunaan Kata Kunci LSI akan mempengaruhi optimasi mesin pencari dalam hal meningkatkan jumlah pengunjung ke situs web.

Sekumpulan daftar kata kunci menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi optimasi mesin pencari dalam hal meningkatkan jumlah pengunjung ke situs web.

Menurut Neil Patel dan Wordstream, ada beberapa manfaat atau kelebihan dari penggunaan kata kunci LSI :
  • Kualitas konten meningkat sebagai hasil dari penggunaan beberapa istilah dari keyword yang digunakan.
  • Konten lebih relevan tanpa perlu menggunakan kata kunci yang berlebihan.
  • Konten kemungkinan besar akan dilihat oleh lebih banyak pengguna internet.
  • Karena ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan peringkat sebuah situs web, mesin pencari dapat memberikan peringkat yang lebih tinggi.
  • Menghindari hukuman dari Google diakibat dari penggunaan kata kunci tertentu secara terus-menerus.

Gunakan Heading yang Terstruktur

Apa sebenarnya heading itu? Dalam materi tekstual, heading digunakan untuk mengidentifikasi judul dari subjudul dalam sebuah artikel. Sehingga ada perbedaan antara judul, subjudul, dan seterusnya.

Apa tujuan dari heading?

Heading / Judul berguna tidak hanya secara visual (membedakan ukuran dan struktur konten), tetapi juga sebagai pengoptimal mesin pencari Google, yang memungkinkan artikel Anda ditemukan lebih cepat. Judul berasal dari kata "Head", Heading dapat merujuk pada makna "kepala" atau judul yang memulai sebuah pembahasan

Bagaimana seharusnya heading 1, 2, dan 3 digunakan?
Heading 1 sering digunakan untuk menulis judul artikel, sedangkan Heading 2 biasanya digunakan untuk menulis sub-judul, Heading 3 biasanya digunakan untuk menulis judul dari sub judul (judul kecil), dan begitu seterusnya..

Manfaatkan Konten Video

Video adalah salah satu jenis materi visual yang paling baik, oleh karena itu Anda harus memanfaatkannya dengan baik. Dalam sebuah postingan, video memiliki dampak yang signifikan terhadap waktu audiens yang dihabiskan di halaman website Anda.

Penggunaan video tidak boleh sembarangan. Anda tidak disarankan untuk mengunggah video langsung ke ke halaman website karena dapat menyebabkan situs web Anda menjadi terbebani. Ini hanya akan memperlambat situs web Anda dan, akibatnya, mengganggu kinerja SEO yang sudah Anda terapkan di website.

Apa solusinya? Manfaatkan fungsi embed. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyematkan video dari situs berbagi video (seperti YouTube) di situs web Anda melalui tautan atau kode unik. Dengan cara ini, situs web Anda tidak akan dibebani karena video akan disimpan di server YouTube.

Riset Keyword

Penelitian kata kunci adalah jenis penelitian yang dapat dilakukan sebagai bagian dari rencana SEO atau optimasi mesin pencari. Tujuan ini pada dasarnya merupakan kegiatan untuk mengungkap kata kunci yang sering diinput oleh pengguna di mesin pencari, yang tentunya relevan dengan isi artikel/halaman situs.

SEMrush.com mendefinisikan kata kunci sebagai "istilah yang digunakan di mesin pencari, baik istilah satu kata atau frasa multi-kata." Kata "sambal", misalnya, adalah kata kunci. Ungkapan "saus cabai terpedas di dunia", yang juga merupakan kata kunci.

Alat apa yang digunakan dalam penelitian keyword (kata kunci)?

Google Search Console, salah satu alat penelitian kata kunci utama Google, gratis pertama yang dapat Anda manfaatkan. 'Laporan Kinerja' adalah fitur hebat yang disediakan oleh program ini. Anda dapat menggunakan alat ini untuk mengantisipasi istilah mana yang akan mendapatkan klik paling banyak.

Aktifkan Caching Konten

Plugin ini sangat mudah diatur. Pada halaman pilihan, ada tujuh tab. Untuk mengaktifkannya, cukup aktifkan caching menggunakan tab sederhana, dan plugin ini akan menangani prosedur caching untuk Anda.

Tab konten menampilkan berapa banyak halaman yang telah di-cache serta berapa banyak yang telah kedaluwarsa.

Di area Opsi lanjutan, Anda dapat memilih jenis caching yang Anda inginkan. WP Super Cache memiliki opsi untuk mengompresi file dan tidak menyimpan halaman untuk pengguna yang dikenal.

Kedua parameter ini disarankan untuk Anda aktifkan untuk meningkatkan waktu pemuatan situs web Anda. Perlu dicatat bahwa mereka tidak aktif secara otomatis, jadi Anda harus melakukannya secara manual.

Tambahkan Konten Visual yang Menarik

Apa sebenarnya Konten Visual itu?

Konten visual, sesuai dengan istilahnya, adalah konten yang memiliki aspek visual. Foto, film, grafik gerak, infografis, GIF, tayangan slide, grafik interaktif, e-book, dan media lainnya adalah contohnya. 

Konten visual adalah jenis komunikasi pemasaran digital yang menggunakan sistem visual di otak manusia untuk menyampaikan tujuan bisnis sambil mencapai tujuan pemasaran.

Karena otak kita mengasimilasi informasi visual dengan cepat, materi visual itu unik. Desain yang menarik dan informatif akan membuatnya lebih mudah untuk menarik minat audiens target Anda dan membantu bisnis Anda lebih menonjol.

Materi visual lebih mudah dipahami dan Lebih efektif daripada bentuk pemasaran lainnya.

Lakukan Guest Post

Apa sebenarnya Guest Post itu?

Penulis tamu yang ditulis dan diposting di halaman web orang lain. Ini merupakan salah satu teknik optimasi mesin pencari (SEO) dan pemasaran konten Blogging sebagai tamu di web yang dikunjungi (blogwalking).

Manfaatkan Sosial Media untuk Mendatangkan Traffic

Secara umum, pemilik situs memiliki berbagai sumber lalu lintas yang mereka miliki. Model organik hingga berbayar sering digunakan untuk mendatangkan banyak pengunjung ke berbagai situs web. 

Metode yang beragam ini digunakan untuk mengarahkan sejumlah besar lalu lintas ke situs dan mencapai tujuan di halaman pertama pencarian kata kunci (keyword).

Dibutuhkan waktu dan upaya untuk menarik pengunjung secara alami. Selain menampilkan informasi yang bagus, salah satu upaya yang harus dilakukan adalah dengan hati-hati mendistribusikan konten agar lebih banyak pengguna yang datang ke situs dari berbagai sumber.

Gunakan Paid Search

Paid Search adalah iklan mesin pencari yang berusaha memberikan kunjungan ke situs web Anda tergantung pada 'intent' pengguna (kata kunci yang dicari pengguna). Sebagian besar mesin pencari menampilkan hasil pencarian yang disponsori dalam warna untuk membedakannya dari pencarian organik.

Cara Menerapkan Kampanye Paid Search

  1. Pilih istilah yang ingin Anda fokuskan. Tujuan pemilihan kata kunci adalah untuk membantu Anda lebih spesifik dalam melaksanakan pemasaran yang ditargetkan.
  2. Buatlah bangunan yang kokoh.
  3. Pilih waktu terbaik untuk menjalankannya.
  4. Buat dan personalisasi teks iklan.

Tambahkan Tombol Share Media Sosial

Jejaring sosial adalah media yang sangat baik untuk menarik banyak pengunjung ke situs web. Kehadiran tombol berbagi media sosial di situs web / blog tidak dapat disangkal sangat penting. Dengan menyertakan tombol bagikan di blog, akan lebih mudah untuk memposting artikel di media sosial untuk meningkatkan lalu lintas ke situs web.

Lengkapi Artikel dengan Video untuk Memaksimalkan Artikel

Lalu lintas web sangat penting karena mencerminkan seberapa populer situs web Anda. Pertimbangkan ini, jika situs web Anda menerima sedikit atau tidak ada lalu lintas, itu akan sangat beresiko bagi situs web Anda. 

Karena akan menyebabkan situs tidak akan berada di halaman Google. Makanya setiap situs web membutuhkan lalu lintas pengunjung.

Video yang ada di artikel, akan memberikan efek lebih pada situs Anda, karena akan menambah durasi baca pengunjung di web. Dan Google akan menganggap hal ini sangat baik.

Artikel ini dibuat bagi pemula yang ingin meningkatkan traffic website dengan menggunakan tools free yang banyak pilihan untuk digunakan. Namun jika menggunakan tools free SEO tentu tidak selebih ketika menggunakn tools SEO berbayar.

Tapi perlu diketahui selain menggunakan free tools, banyak hal lain yang perlu di pertimbangkan untuk meningkatkan traffic website.

Artikel fresh dan berkualitas merupakan faktor utama pendongkrak traffic. Di sandingkan dengan tools dan SEO yang tepat. Maka dijamin traffic web akan berada di halaman terbaik Google.

Kalau memiliki modal atau dana, lebih baik dan disarankan untuk menggunakan tools SEO berbayar daripada menggunakan Tools SEO free. Karena akan banyak manfaat yang diperoleh ketika menggunakan Tools berbayar.
Admin

Post a Comment

Previous Post Next Post

Recent in Sports